Rabu, 08 Juni 2011

10 yang Ter... di Indonesia ( Update )

Ane mau share beberapa fakta-fakta unik yang ada di Indonesia Langsung aja gan

1. Taman Nasional Terbesar di Indonesia


Taman nasional gunung leuser(TNGL) di aceh, merupakan taman nasional terbesar di Indonesia maupun di Dunia. Taman nasional ini memiliki 350 spesies burung dari 380 spesies yang ada atau 65% dari total spesies burung di pulau Sumatera. Sekitar 129 dari 205 spesies mamalia besar dan kecil di Sumatera tinggal di TNGL yang luasnya 1.094.692 hektar. Salah satu obyek dan daya tarik wisata alam(ODTWA) terkenal di TNGL adalah pusat pengamatan Orangutan Sumatera

2. Anggrek Terlangka di Indonesia


sebagai daerah tropis dengan hutan yang sangat luas, Papua memiliki aneka tanaman yang tidak dimiliki oleh Daerah-daerah lain. Ada banyak sekali jenis Anggrek-anggrek yang tumbuh di Papua, Salah satunya adalah Anggrek Hitam(Coelogyne Pandurata). Anggrek ini hanya ada di Papua dan termasuk salah satu flora yang langka di Dunia. Maka dari itu sebagai anak bangsa kita harus mempertahankannya

3. Mobil Tertua dan pertama di Indonesia


Menurut data yang ada, jumlah mobil di Indonesia sangat banyak. Namun, Mobil pertama di Indonesia dimiliki oleh Sunan Pakubuwono X dari surakarta. Lewat Proetell & Co, Sunan Pakubuwono X membeli langsung mobil Benz dari pabriknya di jerman dan tiba di Istana tahun 1894. Menurut catatan museum mercedes Benz, antara tahun 1893-1894 diproduksi 2 tipe kendaraan. Pertama adalah Benz Victoria, diproduksi tahun 1893-1894(Gambar kiri). Kedua adalah Benz Velo diproduksi tahun 1894(Gambar Kanan). Benz victoria yang dibeli sunan seharga 10.000 Gulden, dikabarkan memiliki mesin 1 silinder dengan 5 daya kuda. Pakubuwono X memperkerjakan seorang bekas serdadu belanda bernama A. Leibholz sebagai supir. Mobil pertama di belanda dimiliki oleh seorang Fotografer istana bernama Zimmermann, asal den Haag. Namun itu baru 2 tahun setelah Sultan Pakubuwono X memilikinya.

4. Stasiun TV Swasta Tertua di Indonesia


RCTI atau Rajawali Citra Televisi Indonesia adalah stasiun televisi swasta pertama di Indonesia. RCTI didirikan untuk saranan alternatif siaran tontonan menarik yang sebelumnya selalu didominasi oleh TVRI. Untuk pertama kalinya RCTI mengudara pada tanggal 1 Januari 1987. Kemudian memulai siaran percobaan secara global pada 24 Agustus 1989. Pada awalnya, ijin siaran RCTI adalah area Jabodetabek, tetapi karena semakin hari semakin banyak peminatnya Maka RCTI mulai siaran secara bebas di Indonesia dengan ijin Pemerintah atas hak Siaran di Indonesia pada tanggal 24 Agustus 1990.

5. Kereta Api Pertama di Indonesia


Pada tahun 1863, Perusahaan Kereta api Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij(NIS) telah memesan dua buah lokomotif dari pabrik Borsig, Jerman. Kedua Lokomotif tersebut direncanakan akan melayani jalur antara kedungjati dan Willem I(Ambarawa) yang di beberapa tempat kemiringannya mencapai 2,8%. Ketika itu lokomotf2 buatan Borsig sudah banyak dipakai belanda. Tepat setahun kemudian, 2 lokomotif tersebut selesai dibuat dan dikirim ke Semarang. Pada tanggal 22 Juni 1865 lokomotif pertama di Indonesia itu mulai dioperasikan, masing2 dengan nomor seri NIS 1 dan NIS 2.

6. Bandar Udara Tertua di Indonesia


Bandar udara Kemayoran merupakan bandara udara pertama di Indonesia yang dibuka untuk penerbangan Internasional. Bandara udara ini dibangun pada tahun 1934 dan secara resmi dibuka pada tanggal 8 Juli 1940. Pesawat yang pertama mendarat di bandara ini adalah pesawat jenis DC-3 Dakota milik perusahaan penerbangan Hindia belanda, Bandara ini memiliki dua landasan pacu utara-selatan(2.475 m x 45 m) dan landasan pacu barat-timur (1.850 m x 30 m).

7. Surat Kabar Tertua di Indonesia


Salah satu sumber informasi adalah media cetak. Penerbitan surat kabar sudah dikenal bangsa eropa sejak abad 17. Akhirnya, surat kabar sampai juga ke Batavia(Jakarta). Namun, Izin menerbitkan surat kabar pada masa penjajahan belanda tidaklah mudah. Sebab, Penguasa VOC alergi terhadap kritik. Willem Baron van Imhoff, Gubernur jenderal VOC periode 1743-1750, memperkenalkan masyarakat batavia dengan surat kabar. Izin terbitnya baru diberikan setelah lima bulan. izin itu terbit pada Februari 1745. Isi Surat kabar pertama yang dinamai Bataviasche Nouvelles hanya memuat tentang kapal dagang VOC, Mutasi Pejabat, Berita kimpoi,Lahir,Mati. Pembacanya juga terbatas pada masyarakat belanda sendiri.

8. Perang Terbesar di Indonesia


Perang Diponegoro berlangsung selama lima tahun (1825-1830) antara pasukan penjajahan belanda melawan orang2 Pribumi. Pihak belanda dipimpin Jendral De Kock, sedangkan pribumi dipimpin Pangeran Diponegoro. sekitar 200.000 rakyat pribumi tewas, sedangkan 8.000 pasukan belanda tewas. Peperangan ini melibatkan seluruh Jawa, maka disebutlah perang ini sebagai perang Jawa. Perang diponegoro merupakan perang terbesar bangsa Indonesia karena masing2 pihak mengerahkan kekuatan yang luar biasa besar.

9. Kecelakaan Pesawat Terbesar di Indonesia


Pada tanggal 26 September 1997, Pesawat Garuda Indonesia penerbangan GA 152 jatuh di desa Buah Nabar, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang,Sumatera Utara(sekitar 32 Km dari bandara dan 45 km dari kota medan). Kecelakaan ini menewaskan 222 penumpang dan 12 awak pesawat. Hingga saat ini kecelakaan tersebut merupakan kecelakaan terbesar dalam sejarah indonesia. pesawat tersebut dalam perjalanan dari jakarta ke medan dan telah bersiap mendarat.

10. Sungai Terkotor di Indonesia


Panjangnya yang mencapai 350 km ini menjadikan Citarum sebagai sungai terpanjang di Jawa Barat. Tapi, selain punya predikat sungai terpanjang di Jawa barat, Citarum juga merupakan sungai yang paling kotor di Indonesia. Secara kasat mata, sungai ini kelihatan penuh dengan sampah. Sampah ini berasal dari warga maupun industri. Daerah aliran sungai (DAS) yang seharusnya 30% pun menjadi berkurang. Banjir pun sepertinya tidak dapat dihindarkan lagi. Apalagi Lokasi letak Sungai Citarum terletak di Cekungan yang tidak layak untuk dijadikan pemukiman.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar